Wednesday, June 8, 2011

APAKAH ANDA TAHU BAGAIMANA CARA MEMBUAT BENANG

Setiap orang pasti mengenal yang namanya benang. Karena benang tak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Baju dan celana Anda terbuat dari kain. Dan kain itu sendiri terbentuk oleh jalinan ribuan helai benang.

Fungsi benang sangat banyak. Selain untuk membuat pakaian, seperti baju dan celana, juga dipakai untuk keperluan-keperluan lain. Benang bisa digunakan sebagai bahan untuk menjahit. Selain itu juga benang bisa dibuat menjadi tali, bagian dari ban luar kendaraan, bisa dijadikan tas, dan masih banyak lagi kegunaan lainnya.

Tetapi apakah Anda tahu dari bahan apa benang itu dibuat dan bagaimana cara membuatnya?

Bahan untuk membuat benang dilihat dari segi sumbernya ada dua jenis, yaitu bahan yang berasal dari alam dan bahan sintetis atau buatan. Bahan yang berasal dari alam bisa diperoleh dari tumbuhan dan hewan. Contoh bahan yang berasal dari tumbuhan, misalnya kapas, kulit pohon rami, rosela, serat batang pisang manila, serat daun nanas, dan masih banyak lagi. Dan yang berasal dari hewan, misalnya serat kepompong ulat sutera, bulu domba, dan lain-lain. Sedangkan bahan sintetis adalah bahan yang diperoleh dengan cara mengolah bahan yang berasal dari sumber alam melalui proses tertentu.  Salah satu contohnya adalah poyester. Polyester ini diperoleh dari hasil ikutan bahan minyak bumi. Selain poyester masih ada lagi bahan lainnya, polybright misalnya.

Kemudian bagaimana cara membuat benang?

Prinsip dasar membuat benang sebenarnya sangat sederhana. Benang terbentuk karena adanya dua sebab, yaitu tarikan dan pelintiran ( drafting dan twisting ) terhadap bahan yang dijadikan benang tadi. Tarikan yang menyebabkan serat-serat benang terurai memanjang. Dan pelintiran yang menjadikan serat-serat benang tadi saling mengikat, sehingga terus memanjang tak terputus-putus.

Apakah cukup sampai di situ saja proses pembuatan benang itu? Tunggu saja posting selanjutnya!

3 comments:

Unknown said...

oh begitu proses nya...
visit back my blog yah
http://penjahitasakobagus.blogspot.com

friezchka said...

Mantabs... baru tau saya benang dari serat yg ditarik dan tidak putus... bisa chek blog kita jg donk kak...
https://pelangialatlaundry.co.id
https://suplayerlaundry.com

Tommy said...

Saya menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.

Oli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Untuk info lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
WA:0813-1084-9918
Terima kasih

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Modern Warfare 3